Palung Mariana, Sarang Ikan-Ikan Aneh dan Udang Raksasa

Mariana Trench atau palung mariana adalah perairan yang terdalam di dunia. Lokasinya berada di Samudera pasifik sampai ke timur pulau mariana. PalingĀ  ini memiliki panjang 2550 kilometer dan lebar 63 kilometer.

Kedalamannya mencapai maksimal 10.994 di Spot yang diberi nama Challenger Deep , Disisi selatan. meski begitu ada juga yang menyebut kedalaman palung ini mencapai 11.000 meter.

Kedalaman laut tersebut diukur dengan menggunakan teori gema suara dan ditemukan hasil palung laut challenger memiliki kedalaman 10,923 meter pada 11 19 ‘U, Sednagkan tekanan air dibagian baawah terdalamnya mencapai 8 ton, dengan bentuk memiliki lebar 69 km dengan panjang paling mencapai 2,542 km

Penyuarann ini dilakukan berulang kali dengan menggunakan earphone untuk mendengarkan sinyal yang kembali memantul ketika sudah melewati kedalaman paling dasar palung tersebut.

Selain dinobatkan sebagai laut paling dalam didunia ini sebagai lokasi titik terdalam di dunia yang masih menyimpan berjuta misteri termasuk apakah ada kehidupan di titik terdalam tersebut.

Saking dalamnya membuat palung mariana gelap gulita dengan suhu yang hanya beberapa derajat diatas titik beku sehingga anda tidak bisa bermain poker online.

Begitu dalamnya sampai tekanan air didasarnya sangat tinggi. Tim peneliti dari Oceanlab Universitas Aberdeen Skotlandia yang baru baru ini meneliti perairan itu menyebut tekanan air yang setara dengan himpitan 1600 ekor gajak yang berdiri di atap sebuah mobil kecil.

Sedangkan tempraturnya mendekati nol derajat celcius. Anehnya sekali terbilang bagian bumi yang terdalam, Palung bukanlah dasar laut uyang paling dekat ke inti bumi. Yang terdekat adalah samudera Antar tika yang kedalamannya mencapai 13 Kilometer.

Studi terbaru disana dilakukan oleh profesor biologi dari Whitman College Paul Yancey dan Mahasiswa Anana Downing serta Chloe Weistock serta tim peneliti internasional. Mereka terdiri dari Ahli biologi kelautan , golog , Ahli Mikroblogi dan ahli genetika termasuk ahli dari Oceanlab Universitas Abedeen Skotlandia. Mereka melakuakn penelitian dari kapal riset Falkor , Milk Schmidt Ocian Intitute

Tim itu menyelesaikan sejumlah misi penyelamatan untuk mengambil sample dari laut terdalam antara 5000 – 10.6000 meter sampai merekam makluk apa saja yang terdapat diperairan yang tempraturnya nyaris beku, Sangat gelap dan tekanan airnya sangat besar itu.

Penelitian besar ini memanfaatkan lima kapan pendarat robotika, Hadal Lander yang melakukan Eksplorasi di kedalaman 5.000 – 10.6000 meter. Alih alih fokus pada soal ekologi belaka, Para ahli ini justru ingin menemukan pemahaman yang lebih baik mengenai hubungan antara kehidupan dan proses geologis disana.

Penemuan mereka akan membantu menemukan jawaban atas ekplorasi di bagian bumi yang terbesar tapi habitatnya baru sedikit yang terksploitasi yang ekstim. Juga seberapa banyak akrbon atmosfir mencapai daerah itu apakah mempengaruhi rantai makan disana.

Selain menemukan ikan aneh berkepala seperti anjing, berbadan transaparan seperti sayap dan buntut seperti belut, mereka jug mengangkat sample batu terdalam di lautan. Ternyata batu ilu mewakili letusan vulkanik gunung api pulau mariana . Batu ini akan memberikan informasi signifikan mengenai yang signifika di pulau marianan.

Baca Juga : Mengeksplorasi Saipan Sisa Kengerian Di Jurang Bunuh Diri

Bagian terdalam lautan rumah bagi beberapa makhluk misterius yang tidak biasa. Beberapa makhluk seperti ikan naga memancarkan cahaya mereka sendiri karena memiliki mata yang besar untuk menangkap sebanyak banyaknya cahaya untuk membuatnya lebih tajam.

Secara geologin palung pariana adalah bagian dari sistem subduksi Izu Bonin mariana yang membentuk perbatasan antara dua lempengan Tektonik yaitu lempeng pasifik dan lempeng marianan.

Banyak spesies baru ikan ditemukan dimariana trench samudrea pasifik dasar palung. Semoga informasi lainnya bisa bermanfaat untuk anda nantinya.

One thought on “Palung Mariana, Sarang Ikan-Ikan Aneh dan Udang Raksasa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *