About

Kepulauan Marianan adalah kepulauan yang berada di wilayah negara amerika serika. Kepulauan mariana ini terletak di pasifik. Dan kepulauan ini terdiri dari 15 pulau yang terletak di antara pulau Hawai dan Negara Philipina.

Ada tiga pulau utama yaitu saipan , Tinian dan rota adalah tujuan wisata utama kepualan marian utara yang terletak di utara Guam, Saipan terletak di sekitar 125 Kilometer Timur Laut Guam Namun Rota Selatan Kurang dari 50 Mil. Pulau pulau yang membentuk marianan utara meliputi beberapa 430 Mill dari Rota di selatan untuk Uracus pulau disebelah utara tetapi hanya 75 mil dari rota Saipan dan jarang penduduk yang tinggal diwilayah tersebut.

Bersama dengan Guam di selatan , Kepulauan Mariana Utara membentuk gugusan kepulauan mariana. Pulau pulau bagian selatan berkapur , Dengan teras bertingkat dan terumbu karang mengelilinginya.

Pulau pulau utara adalah pulau Vulkanis dengan gunung berapi aktif di beberapa pulau seperti Anatahan, Pagan dan Agrihan. Gung berapi aktif di beberapa pulau seperti tara adalah pulau Vulkanis, dengan gunung berapa aktif di beberapa pulau seperti Anathan , PaganĀ  dan Agrihan. Gunung berapi di Agrihan memiliki elevasi tertinggi dengan ketinggian 965 m.

Gunung Anathan terletak di sebuah pulau Vulkanik kecil yang berjarak 130km dari saipan. panjangnnya 10km dan lebarnya 3 km. Anatahan mulai mengeluarkan letusan dari kawah timur pada mei 2003.

Sejak aktivitas vulkaniknya naik turun , Pada tanggal 6 april 2005 anathan memutuskan 1.800.000 kaki kubik dan abu vulkanik , yang membentuk awan hitam yang melayang ke selatan hingga saipan dan tinian.

Kepulauan Mariana utara memiliki Iklim tropis yang dipengaruhi oleh angin muson timur laut. Musim kemarau berlangsung dari desember hingga juni.